Social Icons

Selasa, 18 Desember 2012

Kekuatan Supranatural Batu Satam Pulau Belitung

Kekuatan Supranatural Batu Satam Pulau Belitung

Pulau Belitung tidak hanya menyajikan pantai-pantai yang wonderful dilengkapi dengan tebaran batu-batu granit artistik yang terkadang membentuk formasi tertentu, akan tetapi beberapa fakta tentang budaya dan tradisi yang ada di Pulau Belitung itu sendiri. Hal ini termasuklah cerita tentang Batu Satam (Billitonite) – merupakan batu meteorit – yang merupakan ikon Belitung dan konon katanya tidak bisa ditemukan di tempat manapun didunia ini!
Jika anda mengunjungi Pulau Belitung, tepatnya di seputaran Pusat Kota Tanjungpandan (sekaligus Ibu Kota administratif Kabupaten Belitung), anda akan melihat replika raksasa Batu Satam, hanya beberapa langkah dari Billiton Hotel dan Eks. Kantor Billiton Mij (sekarang difungsikan sebagai Pusat Perbelanjaan Baratha).
Batu Satam dikenal juga dengan batu unik dan langka, kebanyakan masyarakat Belitung memercayai bahwa Batu Satam ini memiliki kekuatan supranatural, sebentuk kekuatan misterius sebagai penangkal kekuatan jahat (penangkal Ilmu Hitam, semisal santet dkk).
Terkait untuk penangkal kekuatan jahat, tidak sedikit masyarakat Belitung, saat hendak membangun rumah tinggal, biasanya, pada keempat sudut fondasi rumah, ditanamkan Batu Satam ini. Masing-masing sudut berisi sebutir Batu Satam!
Tidak mudah untuk mendapatkan Batu Satam ini. Hanya mereka yang beruntunglah yang bisa mendapatkan Batu Satam. (lain cerita jika mendapatkannya dengan cara membeli). Batu Satam ini biasanya sering ditemukan oleh mereka yang beruntung pada kawasan penambangan timah di Belitung.
Disamping itu, Batu Satam banyak dijadikan sebagai perhiasan, seperti untuk batu cincin, buah kalung, bross dsb, meski banyak juga yang menyimpannya bulat-bulat (tidak menjadikannya sebagai perhiasan). Misalnya disimpan dalam kamar, tas, atau dompet saku.

2 komentar:

  1. saya punya sebutir yg benar2 didapat di tanah Aceh ...

    BalasHapus
  2. Aku punya sebuah batu satam,yg jika digenggam ditelapak tangan terasa ada energi magnetnya,

    BalasHapus